Minggu, 03 Januari 2016

AKAL DAN WAHYU

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.  Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan  kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif  semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Dengan ditunjang teknologi  informasi telekomunikasi data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan teknologi  informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Ekonomi global juga mengikuti evoluasi dari agraris dengan ciri utama tanah merupakan faktor produksi yang paling dominan. Melalui penemuan mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utama modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Abad sekarang, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi  kunci (enabler technology). Perkembangan teknologi  informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Pada era informasi ini, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau Global Village.
1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Sejarah TI dan Pengertian TI Menurut Para Ahli?
2.      Buatkan Beberapa Rumus Excel !
3.      Apa Pengertiaan Search Engine dan Tuliskan Kelebihan dan Kekurangan Dari Masing-masing Search Engine?
4.      Bagaimana Cara Membuat Email Yahoo dan Gmail?
5.      Bagaimana Cara Membuat Blog?
1.3    Tujuan Makalah
1.        Mengetahui Sejarah TI dan Pengertian TI Menurut Para Ahli.
2.        Mengetahui Beberapa Rumus Excel.
3.        Mengetahui Pengertiaan Search Engine dan Kelebihan maupun Kekurangan Dari Masing-masing Search Engine.
4.        Mengetahui Cara Membuat Email Yahoo dan Gmail.
5.        Mengetahui Cara Membuat Blog.
















BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Sejarah Teknologi Informasi dan Pengertian TI Menurut Para Ahli
2.1.1        Sejarah Teknologi Informasi
·         Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa pra-sejarah teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian digambarkannya pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Pada masa pra-sejarah sudah  dimiliki kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan dan mempresentasikannya dalam berbagai bentuk yang kemudian dilukis pada dinding gua tempat tinggal mereka.
Mengkomunikasikan informasi dengan gambar/lukisan  menjadi pilihan yang baik karena kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap  keadaan tertentu seperti keadaan bahaya.
·         Masa Sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )
Pada masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada masyarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan  tertentu seperti upacara, dan ritual. Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan – kalangan terbatas saja, digunakan pada saat – saat khusus dan mahal.

a.       Masa Tahun 3000 SM
Pada masa ini orang mulai mengenal simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali simbol untuk informasi, digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan waktu itu berupa simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata, kalimat dan bahasa.
b.      Masa Tahun 2900 SM
Pada masa ini ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, dan apabila digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan arti tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
c.       Masa Tahun 500 SM
Masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat papyrus yang berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini  dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu media kertas.
d.      Masa Tahun 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudain diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan system pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan balok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan system cat.

·         Masa modern ( 1400-an M s/d sekarang )
a.       Masa Tahun 1455
Masa ini ditandai dengan upaya menciptakan mesin cetak. Pada masa ini manusia sudah menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian plat tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann Gutenberg.
b.      Masa Tahun 1800-an
Pada tahun 1830 orang sudah mengenal program komputer. Augusta Lady Byron pertama menulis program komputer yang bekerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan mesin analytical. Mesin analytical dengan programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya, mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis dari yang bersifat digital. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer digital pertama ENIAC I  pada  94 tahun kemudian.
Pada tahun 1837 ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau dibatasi oleh jarak dan waktu.
Pada tahun 1861 orang sudah memikirkan bagaimana menampilkan informasi dalam bentuk gambar bergerak dalam media layar. Masa itu pula gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar untuk yang pertama kali digunakan. Penemuan ini merupakan cikal bakal teknologi film sekarang.
Pada tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Pada tahun 1877  Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Pada tahun  itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang pertama.
c.       Masa Tahun 1900-an
Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940  dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.  Tahun 1946  komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC I dikembangkan. Tahun 1948  para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.  Tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan ke dalam  sebuah keping kecil kristal silikon. USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk ARPA  (Advance Research Projects Agency) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer. Tahun 1962  Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
Tahun 1969  sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps. Tahun 1972  Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.  Tahun 1973 – 1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol) kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.
Tahun 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF  mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Tahun 1991 sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya dan memungut bayaran dari para anggotanya.
Tahun 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah WWW (World Wide Web) oleh CERN.  Tahun 1993 NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc,), dan jasa informasi (General Atomics/CERFnet). Tahun  1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam   segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.  Tahun 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Teknologi Infomasi yang disingkat TI atau sering disebut IT memiliki banyak sekali pengertian. Namun ada baiknya kita mengetahui pengertian teknologi informasi dari orang yang tepat. Hal itu tentu diperlukan untuk mendapatkan definisi yang objektif.
Kita simak beberapa pengertian teknologi informasi dari para pakar yang dapat dijadikan acuan agar tidak ada lagi perdebatan hanya untuk sebuah definisi.
1.      Haag dan Keen
Pada 1996 Haag dan Keen mendefinisikan teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Dalam hal ini, TI dianggap alat yang digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan informasi. Pengolahan informasi yang dihasilkan diproses menggunakan alat-alat tersebut. Alat-alat ini adalah komputer beserta software-software pendukungnya.
2.      Martin
Pada 1999 Martin mendefinisikan Teknologi Informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Dia melihat IT tidak hanya sebagai teknologi komputernya saja yang dipergunakan untuk pemrosessan dan penyimpanan data. Pengertiannya lebih luas lagi, karena Martin juga memasukan teknologi komunikasi yang digunakan untuk melakukan pengiriman informasi.
3.      Mc Keown
Pada 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya. Cukup jelas di sini bahwa Teknologi Informasi mencakup keseluruhan bentuk teknologi yang digunakan untuk memproses informasi. Bentuknya bisa bermacam-macam layaknya komputer sebagai alat yang multimedia. Didukung oleh perangkat lunak yang sesuai dengan pengolahan informasi tersebut.
4.      Willams dan Sawyer
Pada 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. William dan Sawyer memberikan pengertian IT ini merupakan gabungan komputer yang dikaitkan dengan saluran komunikasi dengan kecepatan yang tinggi untuk pengiriman data, baik berupa text, audio maupun video. data dalam bentuk multimedia yang diakomodir oleh penggunaan komputer.
Pada 2005 Williams dan Sawyer lebih lengkap lagi memberikan definisi Teknologi Informasi sebagai sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
5.      Kenneth C.Loudon
Pada 2004 Kenneth C.Loudon mendefinisikan Teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan para manager untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
6.      Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins
Pada 2005 mereka mendefinisikan Teknologi Informasi ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi. Di sini teknologi komunikasi digunakan sebagai alat penyaluran informasinya, sedangkan informasinya diolah dan disimpan dalam komputer.
Dari beberapa definisi di atas, teknologi informasi mencakup gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi itu sendiri. Komputer sebagai perangkat keras dengan software-software sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk sarana pengolahan maupun penyimpanan data yang nantinya dikirimkan melalui saluran komunikasi.








2.2      Excel

2.2.1         Rumus Sederhana
SUM digunakan untuk menjumlah data
contoh : Ketikan = SUM(C4:C10) untuk menjumlah total dari cell C4 sampai C10
AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata
Contohnya : Ketikan =AVERAGE (C4:C10) untuk nilai rata-rata dari cell C4 sampai C10
MAX untuk menentukan nilai maksimal atau nilai tertinggi
Contohnya : Ketikan =MAX (C4:C10) untuk menentukan nilai tertinggi diantara cell C4 sampai C10
MIN untuk menentukan nilai minimal atau nilai terendah
Contohnya : Ketikan =MIN (C4:C10) untuk menentukan nilai terendah diantara cell C4 sampai C10

2.2.2         Rumus Absoluth
Memahami dan mengenal Rumus absolut microsoft excel sangat penting untuk di ketahui. karena rumus absolut digunakan untuk mengunci nama cell yang terdapat di dalam sebuah rumus excel, agar cell yang ada dalam rumus tersebut tidak berubah menjadi nama cell yang lain. Mengenal nama cell, bahwa nama cell yang berada di dalam sebuah rumus pasti mengalami perubahan setelah di copy paste. misalkan di cell B5 berisi rumus =A3+C4, kemudian cell B5 di copy ke cell D6, maka rumus yang ada di dalam cell D6 otomatis berubah menjadi =C4+E5.

HARGA/BARANG
Rp  25.000,00

NO
NAMA
JUMLAH BARANG
HARGA
1
ARDI
5
 Rp    125.000,00
2
NITA
3
 Rp      75.000,00
3
DANI
7
 Rp    175.000,00
4
SANTI
8
 Rp    200.000,00
5
YULI
2
 Rp      50.000,00
6
DARMA
4
 Rp    100.000,00
7
WONGSO
9
 Rp    225.000,00
8
VINA
1
 Rp      25.000,00
9
HINDUN
3
 Rp      75.000,00
10
BEDU
6
 Rp    150.000,00
Rumusnya : =C3*$C$1
2.2.3         Vlookup
Mencari nilai di kolom paling kiri dari suatu tabel, dan kemudian menghasilkan nilai dibaris (row) yang sama dari kolom yang anda tentukan dalam tabel. Gunakan rumus VLOOKUP sama seperti HLOOKUP dimana nilai yang akan Anda cari berada di kolom sebelah kiri dari data yang akan Anda cari. Arti V dalam VLOOKUP adalah “Vertical.”
Cara Penulisan (Syntax)
VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup) Lookup_value adalah nilai yang akan dicari dari kolom pertama di sebuah array/range. Lookup_value dapat berupa nilai atau pun text.
Table_array adalah table data atau informasi dari data yang akan kita cari.
1.      Jika kita memiliki banyak nilai yang sama dari data yang yang akan kita cari, maka nilai pertamalah yang akan dipakai dan nilai-nilai berikutnya akan diabaikan.
2.      Anda sebaiknya mengurutkan table data sumber secara Ascending apabila Anda menghendaki nilai pertama sesuai urutan yang akan kita ambil/pakai.
3.      Nilai dari kolom pertama dari table_array dapat berupa text, nomor, atau nilai logika.
4.      Hurup besar maupun huruf kecil sama saja atau tidak dipermalahkan dalam penggunaan rumus ini.
Col_index_num adalah nomor urut kolom dari tabel data yang kita
pakai (table_array) dimana nilai yang akan kita ambil berada pada
kolom tersebut. Kolom pertama dari col_index_num memiliki
urutan 1 dalam table_array; kolom kedua dari col_index_num
memiliki urutan 2 dalam table_array, dan begitu seterusnya. Jika
col_index_num kurang dari 1, VLOOKUP akan menghasilkan nilai
#VALUE! Atau nilai yang salah (error value); jika col_index_num
melebihi jumlah kolom dalam table_array, VLOOKUP akan
menghasilkan nilai #REF! atau nilai yang salah pula (error value).
Range_lookup adalah nilai logika yang menentukan apakah
Anda menghendaki untuk mencari nilai yang sama persis atau nilai
yang mirip sama/hamper sama dari nilai Lookedup_value yang kita
tentukan sebelumnya. Jika BENAR, nilai yang sama persis akan
dihasilkan. Dengan kata lain, jika nilai yang tepat atau sama persis
tidak ditemukan, maka nilai yang lebih besar dari nilai lookup_value
akan dihasilkan/diambil. Jika SALAH, VLOOKUP akan mencari nilai
yang sama persis atau tepat. Dan jika tidak ditemukan, maka akan
manghasilkan nilai #N/A.


NO
HARI
KODE
NAMA BARANG
1
Senin
A1
KASUR
2
Selasa
A5
KURSI
3
Rabu
A3
GULING
4
Kamis
A6
MEJA
5
Jumat
A5
KURSI
6
Sabtu
A2
BANTAL
7
Minggu
A7
KOMPOR

KODE
NAMA BARANG
A1
KASUR
A2
BANTAL
A3
GULING
A4
LEMARI
A5
KURSI
A6
MEJA
A7
KOMPOR
Rumus VLOOKUP: =VLOOKUP(C3;$F$3:$G$9;2)




2.2.4         Hlookup
Rumus Hlookup :
a.       Lookup_value
nilai pada sel sebagai kunci yang akan dicari dalam tabel array.
b.      Table_array
Table dimana tempat data yang akan dicari
c.       Row_index_num
Baris yang keberapa yang akan dicari. Nilai dari
Row_index_num tidak boleh lebih dari jumlah kolom dari data
Table_array, jika lebih akan menghasilkan nilai #REF
d.      Range_lookup
Diisi dengan true(1) atau false(0). Jika diisi dengan true(1),
Table_array harus disusun secara urut, oleh sebab itu sebagai
amannya menghindari salah mencari data pakai nila false(0)
NO
HARI
KODE
NAMA BARANG
1
SENIN
A3
PENGHAPUS
2
SELASA
A2
BUKU
3
RABU
A6
PULPEN
4
KAMIS
A5
TIP-X
5
JUMAT
A1
PENSIL
6
SABTU
A8
TAS
7
MINGGU
A4
PENGGARIS

KODE
A1
A2
A3
A4
A5
A6
A7
NAMA BARANG
PENSIL
BUKU
PENGHAPUS
PENGGARIS
TIP-X
PULPEN
TAS

Rumusnya : =HLOOKUP(C15;$H$14:$N$15;2)

2.3      Search Engine
2.3.1         Pengertian Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.



2.3.2         Lima Macam Search Engine (Kelebihan Dan Kekurangan)
1.      Google
GOOGLE artinya ialah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgroup/NNTP, Gambar, kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface lebih cepat dibanding webmail yang lain. Google pun berafiliasi membuat Social Networking yang diberi nama Orkut (Mirip dengan layanan yang disediakan oleh Friendster, Hi5, MySpace serta Linkedin yang lebih terorientasi ke bisnisdan job-seeking). Layanan Orkut ini dianggap lebih trusted karena untuk bergabung ke dalam Orkut harus di-invite oleh member yang sudah join.Banyak yang sudah menjadi member di google karena google menyediakan banyak informasi yang kita butuhkan.

KELEBIHAN (+)
·         Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
·         Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
·         Tampilan yang sederhana.
·         Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
·         Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
KEKURANGAN (-)
·      Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2.      Yahoo
Yahoo adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Yahoo dibagi atas berbagai macam diantaranya adalah :
a.       Yahoo Mail
Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

Pada 26 Agustus 2007, versi AJAX untuk Yahoo! Mail diperkirakan sudah lengkap dan mulai menggantikan Yahoo! Mail versi lama. Pengembangan antara muka baru ini bermula pada Juli 2004, walaupun adalah mungkin prototipe lain telah dimajukan sebelum itu. Pada masa ini ia serasi dengan Internet Explorer 7 dan Mozilla Firefox serta Camino (sebagai sebagian rancangan Yahoo! untuk menaiktaraf semua tampaknya supaya serasi dengan Firefox). Walaupun dapat digunakan melalui Opera dan Safari, terdapat sedikit masalah pada pengaturan letaknya.



b.      Yahoo Koprol
Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

KELEBIHAN (+)
·      Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
·      Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
·      Fiturnya yang komplit.
·      Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
KEKURANGAN (-)
·       loadingnya membutuhkan waktu yang lama.

3.      Altavista
AltaVista adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo! AltaVista pernah salah satu mesin pencari paling populer, tetapi popularitasnya menurun dengan munculnya Google. Pada tahun 2010, Yahoo! mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghentikan situs tersebut. Situs itu ditutup selama 2011, dengan hasil yang mengarahkan ke Yahoo! Search.

KELEBIHAN (+)
·       keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
·       Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
·       Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

4.      Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.
KELEBIHAN (+)
·       Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
·       Dalam hal pencarian cepat.
·       Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
·       Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
KEKURANGAN (-)
·       Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
·       Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.

5.      Bing
Bing merupakan salah satu search engine website yang bernaung di bawah bendera microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu yakni, Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 3 juni 2009, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live search. Bing diciptakan dengan mebggunakan suatu teknologi, yaitu teknologi powerset. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memmperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Disamping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows skydrive, Facebook, dan e-mail.
KELEBIHAN(+)
·       Decision Engine, menjadikan hasil pencarian menjadi lebih detail dan terperinci.
·       Bing travel, dapat mendapatkan informasi secara rinci yang berkaitan dengan travel.
·       Bing Map,dapat menampilkan informasi tentang kota, seperti jalan, bahkan seseorang yang ada di situ.
·       Auto-Suggest, dapat menawarkan alternatif pencarian.
·       Instant Answers, dapat menampilkan hasil pencarian yang tepat
·       Best Match, dapat menampilkan link dan informasi berdasarkan pencarian
·       Related Searches, dapat menampilkan informasi yang lebih mendalam dan mempunyai relasi dengan apa yang dicari
·       Deep Links, dapat langsung mengarahkan akses langsung pada situs yang dituju
·       Quick View, dapat menampilkan ringkasan suatu situs jika didekatkan pada kursor
·       Smart Video Preview, dapat menampilkan video selama 30 detik agar lebih efisien
·       Infinite Scroll dapat menampilkan gambar dengan cara yang lebih cepat karena tidak perlu membuka halaman baru.
KEKURANGAN (-)
·       Tidak adanya geo targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai.
·       Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.
2.4      Cara Membuat Email Yahoo dan Gmail
a.       Cara Membuat Email Yahoo
1.      langkah pertama ini tentunya adalah membuka browser kamu dulu (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fire fox, atau pun opera, terserah kamu). kemudian masukkan alamat urlnya, yahoo.com
kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
2.      Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan paswod kamu, lalu klik Sign in. Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunyai Id yahoo dan pasword tentunya, maka kamu klik saja menu Sign Up yang berada pada bagian bawahnya menu sign in kadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada Sign up klik pada Buat Account.
Setelah kamu klik Sign Up atau Buat Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.
3.      Lalu kamu tinggal masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom  yang telah disediakan seperti yang terlihat diatas. Untuk pengisian kolom ponsel alternatif dikosongkan tidak apa-apa,kalau mau diisi dengan nomor ponsel teman atau nomor keluarga yang bisa dipercaya dan ingat nomornya harus aktif selalu. Karena nomor ponsel alternatif ini berfungsi jika mungkin kamu lupa dengan password kamu,jangan lupa juga isi kolom disebelahnya dengan hubungan anda dengan pemilik nomor tersebut. Setelah di isi semua kemudian klik Buat Account.
4.      Setelah klik Buat Account maka akan keluar tampilan seperti diatas. Nah anda sudah berhasil membuat akun email yahoo! Kemudian untuk mengisi profil anda klik Persiapan Awal.
5.      Untuk mengganti profil kamu,klik Profil Saya sebagaimana yang terlihat dalam gambar diatas.
6.      Kemudian akan muncul gambar diatas,untuk memasukan foto anda sebagai photo profil klik ubah gambar.
7.      Pilih foto di komputer kamu,kemudian terapkan dan tekan simpan. Untuk mengganti yang lainnya silahkan klik pilihan lainnya yang tersedia.
Email:rismayantirini900@yahoo.co.id
b.      Cara membuat yahoogroups
1.      Buka email yahoo anda kemudian akan keluar tampilan seperti dibawah ini selanjutnya klik groups di sebelah kiri.
2.      Kemudian akan keluar tampilan seperti dibawah ini selanjutnya Klik Sign In.
3.      Setelah itu masukan email yahoo dan password anda,klik Sign In.
4.      Setelah keluar tampilan dibawah ini klik Start a New Group


5.      Isi Create New Group
Nama = Isi dengan judul yang akan anda buat.
Description = Memaparkan karaktristik yang berhubungan dengan judul.
Web Address = Isi dengan nama yang akan anda jadikan email yahoogroups.
Category dan Sub Category = Isi Category dan Sub Category yang berkaitan dengan judul yahoogroups anda dengan pilihan yang ada,setelah diisi semua klik Next.
6.      Isi code yang ada tersebut dikolom bawahnya yang kosong kemudian klik Accept and Create.
7.      Yahoogroups anda berhasil dibuat,untuk mengganti foto tampilan klik change cover seperti yang terlihat dibawah ini. Pilih foto yang akan anda terapkan dengan mengunduhnya terlebih dahulu.
8.      Untuk posting,klik conversations kemudian klik new topic. Maka akan terlihat gambar seperti dibawah ini. Isi subject dengan judul yang berkaitan dengan postingan anda. Jangan lupa cantumkan isi postingannya kemudian klik Send.
Email :Rini_rismayanti12@yahoogroups.com.sg
c.       Cara membuat email gmail
1.      langkah pertama ini tentunya adalah membuka browser kamu dulu (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fire fox, atau pun opera, terserah kamu). kemudian masukkan alamat urlnya, Gmail.com
kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
2.      Klik tulisan Create an Account,kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini.
Untuk mempermudah, berikut petunjuk pengisian form pembuatan email di gmail.
  • Nama Depan= Diisi dengan nama depan anda.
  • Nama Belakang= Diisi dengan nama belakang anda.
  • Pilih Nama Pengguna Anda = Isi sesuai keinginan anda. Bagian yang ini, nantinya akan menjadi username alamat email anda. Dan setelah anda isi, jangan lupa klik tulisan “check availability” terlebih dahulu untuk melihat apakah username yang anda pilih masih tersedia atau tidak. Silahkan coba sampai ada tulisan “username anda is available”.
  • Buat Sandi = Masukan password sesuai keiginan anda (harap di ingat – ingat).
  • Konfirmai Sandi Anda = Masukan kembali password (harus sama seperti sebelumnya).
  • Isi Tanggal Lahir Anda = Tahun,Bulan dan Tanggal.
  • Gender = Pilih gender sesuai jenis kelamin anda.
  • Location = Indonesia
  • Masukan Nomor Handphone Anda = Pastikan nomor handphone yang anda masukan aktif.
  • Masukan Email Anda Saat Ini = Kolom ini boleh diisi boleh tidak.
  • Ketikan Dua Kata Berikut = Sesuai tampilannya.
  • Masukan Lokasi Indonesia
  • Centang kolom kecil dibawah,kemudian klik langkah berikutnya.
3.      Masukan nomor handphone anda,kemudian tekan lanjutkan. Tunggu kode verifikasi yang akan masuk ke pesan anda.
4.      Masukan kode verifikasi kemudian tekan lanjutkan.
5.      Akan muncul tampilan seperti diatas kemudian klik lanjutkan ke gmail.
6.      Klik tambahkan photo untuk mengganti foto profil.
7.      Pilih foto yang akan anda jadikan foto profil dari komputer anda kemudian klik terapkan sebagai foto profil.
Email :Rinirismayanti11@gmail.com
2.5      Cara Membuat Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan. Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan.
1.      langkah pertama ini tentunya adalah membuka browser kamu dulu (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fire fox, atau pun opera, terserah kamu). kemudian masukkan alamat urlnya, blogger.com

2.      Akan tampil gambar seperti diatas,kemudian masukan email dan kata sandi gmail yang tadi dibuat lalu klik masuk.
3.      Lihat tampilan diatas,kemudian tekan lanjutkan ke blogger.
4.      Klik blog baru seperti yang terlihat diatas.
5.      Masukan judul blog sesuai keinginan anda dan alamat emailnya sampai ada tulisan alamat blog ini tersedia dibawahnya kemudian klik buat blog.
6.      Blog anda yang berjudul Sejarah Biologi ini perlu postingan,nah untuk membuat postingan klik buat entri baru.
7.      Masukan materi Sejarah Biologi yang anda buat seperti yang terlihat diatas kemudian klik simpan dan publikasikan.
8.      Pilih kepada siapa anda akan publikasikan blog tersebut kemudian tekan bagikan.
9.      Materi anda selesai dipostingkan,untuk mengatur-ngatur tampilan blog anda silahkan pilih menu disebelah kiri.
Judul :Sejarah Biologi
Email :Rinirismayanti04@blogspot.com






BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Dari isi pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
1.    Sejarah teknologi informasi dibagi menjadi 3 masa diantaranya :
·       Masa pra-sejarah (....s/d 3000 SM)
·       Masa sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )
·       Masa modern ( 1400-an M s/d sekarang )
Sedangkan pengertian teknologi informasi menurut para ahli diantaranya adalah menurut :
·      Haag dan Keen
·      Martin
·      Mc Keown
·      Williams dan Sawyer
·      Kenneth C.Louden
·      Martin,Brown,DeHayes,Hoffer dan Perkins
2.    Rumus-rumus Excel :
·       Rumus sederhana
·       Rumus absoluth
·       Rumus vlookup
·       Rumus hlookup
3.    Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
4.    Yahoo adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. Sedangkan Google adalah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Untuk cara-cara membuat email yahoo dan gmail sudah tertera di pembahasan.
5.    Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan.

3.2    Saran
Diharapkan masyarakat khususnya siswa dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk kebutuhan dengan sebaik-baiknya,jangan memanfaatkan teknologi informasi untuk disalahgunakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar